Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...Masukan Profil Band atau Lagu Kamu di Promo Musik Glest Silahkan Posting Di Sini....::...

Up To Date

Belajar membuat musik sendiri


www.glestradio.com -Membuat music sendiri adalah salah satu cara promosi yg sangat penting dalam dunia perdjan. Biasanya, seorang dj terkenal seperti Dj Tiesto, Dj Echa, atau Dj Laidbackluke rutin sekali untuk merelease lagu mereka setiap bulannya. Ini tak lepas dari faktor kompetisi yg saat ini sudah sangat ketat di dunia perdjan sehingga mengharuskan DJ untuk tampil dengan musik-musik khas mereka sendiri.
Disamping sebagai media promosi, membuat music sendiri merupakan sebuah status yg tidak bisa didapatkan hanya dari kemampuan mixing yg handal. Banyak DJ yg sudah lama menjadi dj di club-club terkenal, sebagian dari mereka bahkan sudah puluhan tahun mixing dan tua disana. Namun, dedikasi mereka selama itu hanya menjadi perbincangan sesaat dan berskala lokal saja, itupun sebatas komunitas mereka sendiri. Ini tak lepas karena faktor sharing yg mereka berikan hanya sebatas musik untuk didengar pada saat mereka perform saja.
Sharing is A Must!
Tidak perduli sepintar atau sekaya apapun seseorang kalau tidak memberikan manfaat ke orang lain tidak akan berguna. Melalui lagu produksi sendiri, seorang dj bisa memberikan manfaat ke orang lain. Seorang dj  yg memproduksi lagu sendiri lalu kemudian mereleasenya di label akan sangat  membantu DJ lain untuk berkembang . Bisa dikatakan kalau seandainya tidak ada DJ yg memproduksi lagu, maka dunia perdjan tak akan seindah sekarang. :)
Belajar Produksi Musik
Inti dari artikel ini sebenarnya bukan untuk membahas bagaimana cara anda terkenal. Tetapi, belajar memproduksi lagu ini merupakan satu keharusan seorang DJ untuk bisa terus maju dalam berkarir dan membuat dia tetap stay up in the game dan memberikan peluang baru bila  dia serius dalam bidang ini. Walaupun seorang dj tidak memiliki skill dalam bermusik atau tidak mahir memainkan instrumen, belajar memproduksi akan memberikan visi bila kelak nanti akan bekerja sama dengan seorang musisi atau ingin membuat project musik sendiri.
Where to start?
Producing Music bisa anda pelajari di sekolah-sekolah musik. Namun bila anda lebih spesifik ke arah  produksi musik dansa atau house atau trance, maka hanya ada sedikit tempat untuk belajar khususnya di Indonesia tercinta ini. Daripada anda harus menunggu atau bila anda rasa anda tidak memiliki budget  untuk belajar produksi lagu keluar negri, anda bisa mencari alternative.Yaitu melalui tutorial yg ada di Internet secara otodidak dan gratis.
Dibawah ini ada beberapa daftar situs yg memiliki tutorial lengkap dalam memproduksi musik sendiri dan bisa menjadi referensi anda setiap saat dalam produksi musik.

Daftar Forum Tempat Bertanya dan Share soal produksi musik:

MusikTek.Com: http://www.musiktek.com (Bahasa Indonesia)
Ravelex.Net: http://ravelex.net (Bahasa Indonesia)
Musisi.Com: http://www.musisi.com (Bahasa Indonesia)
Ableton Forum: http://forum.ableton.com (english)
Laidbackluke Forum: http://www.laidbackluke.com/forum/index.php (english)
Producer Tech: http://forum.producertech.com/ (english)
Fedde Le Grand Forum: http://www.feddelegrand.com/forum (english)
Daftar Situs Referensi
HiphopTutorial: http://www.hiphoptutorial.com/ (english)
Fruity Loops: http://fruity–loops.blogspot.com/ (english)
Fruity Loops: http://www.vtc.com/products/Fruity-Loops-Studio-7.htm (english)
Music Producer Pro: http://www.musicproducerpro.com (english)
Learn Music Guide: http://www.learnmusicguide.com (english)
Red Bull MusicAcademy: http://www.redbullmusicacademy.com (english)
Audio Tuts +: http://audio.tutsplus.com/ (english)
Barklee Music: http://www.berkleemusic.com/music-production (english)
Ableton Nicks Tutorials: http://nickstutorials.com/ (english)
Audio Master Class: http://www.audiomasterclass.com (english)
Music Production Class: http://music-production-courses.com/ (english)
Audio Courses: http://www.audiocourses.com/ (english)

What to Cook?

Sumber tutorial untuk belajar sudah anda dapatkan, sekarang waktunya memulai produksi. Membuat musik hampir sama seperti memasak, hal pertama adalah kita harus tau bahan apa yg akan anda masak lalu kemudian memilih dengan apa kita akan memasak.
Bila diibaratkan seperti itu, berarti bahan masakan adalah beat, drum, sample, atau insrumen yg akan anda gunakan dalam membuat musik anda. Kemudian memilih media untuk memasak adalah pemilihan software yg  akan  digunakan misalkan Ableton, FruityLoops, Logic atau Reason.

Overal Conclusion

Membuat musik mungkin tidaklah  mudah, namun kalau ada kemauan dengan menggunakan informasi diatas, anda bisa mulai memikirkan langkah-langkah untuk memproduksi musik. Cobalah untuk membaca beberapa situs dan mencari apa software paling cocok dan paling mudah untuk dipelajari. Kemudian nanti anda bisa mengeksplorasi dunia musik dengan mempelajari style, pattern, atau bentuk-bentuk musik yg akan anda produce. Setelah itu anda bisa memikirkan untuk strategy langkah yg bisa anda lakukan setelah anda mendapat benefit dari memproduksi lagu.
Thats all i have to say, lets learn how to make music and always stay up in the game. Thanks for reading…

1 komentar:

  1. Terima Kasih Pak .. artikel yang sangat bermanfaat .

    BalasHapus

Head Line News